tag:blogger.com,1999:blog-3086323682689973932024-03-08T03:34:10.976-08:00Manajemen Pemasaran Prodi Akuntansi S1Bagas Panduhttp://www.blogger.com/profile/12380445185029446796noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-308632368268997393.post-74724309299134339792020-04-10T19:01:00.002-07:002020-04-10T19:01:27.197-07:00Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran<div class="MsoNormalCxSpFirst" style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<h3 style="border: 0px; font-size: 20.8px; line-height: normal; margin: 0px 0px 0.6em; padding: 0px; position: relative; vertical-align: baseline;">
<b style="border: 0px; font-size: 20.8px; line-height: 24.96px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 14pt; line-height: 22.4px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Pengertian Manajemen Pemasaran</span></b></h3>
<span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 16px; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.</span><br style="margin: 0px; padding: 0px;" /><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 16px; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><br style="margin: 0px; padding: 0px;" /></span></div>
<br style="background-color: white; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; margin: 0px; padding: 0px;" />
<div class="MsoNormalCxSpFirst" style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<div style="border: 0px; line-height: normal; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<h3 style="border: 0px; font-size: 20.8px; line-height: normal; margin: 0px 0px 0.6em; padding: 0px; position: relative; vertical-align: baseline;">
<b style="border: 0px; font-size: 20.8px; line-height: 24.96px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 14pt; line-height: 22.4px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli</span></b></h3>
</div>
<div class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<ul style="border: 0px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0px; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;">
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).</span></li>
</ul>
<ul style="border: 0px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0px; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;">
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).</span></li>
</ul>
<ul style="border: 0px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0px; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;">
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di <i style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">design</i> untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)</span></li>
</ul>
<ul style="border: 0px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0px; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;">
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran sebagai berikut: Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.</span></li>
</ul>
<ul style="border: 0px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0px; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;">
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Philip Kotler dalam bukunya</span><i style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"> Marketing Management Analysis, Planning, and Control</i><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">, mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.</span></li>
</ul>
<ul style="border: 0px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0px; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;">
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Definisi Pemasaran menurut William J. Stanton adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.</span></li>
</ul>
<ul style="border: 0px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0px; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;"></ul>
</div>
<div class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<br style="margin: 0px; padding: 0px;" /></div>
</div>
<h3 style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 20.8px; line-height: 24.96px; margin: 0px 0px 0.6em; padding: 0px; position: relative; vertical-align: baseline;">
<b style="border: 0px; font-size: 20.8px; line-height: 24.96px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 14pt; line-height: 22.4px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Konsep Manajemen Pemasaran</span></b></h3>
<div class="MsoNormalCxSpMiddle" style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<br style="margin: 0px; padding: 0px;" /></div>
<div class="MsoNormalCxSpMiddle" style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Falsafah konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span></div>
<div class="MsoNormalCxSpMiddle" style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<br style="margin: 0px; padding: 0px;" /></div>
<div class="MsoNormalCxSpMiddle" style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Secara definitif dapat dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span><br style="margin: 0px; padding: 0px;" /><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><br style="margin: 0px; padding: 0px;" /></span><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:</span></div>
<ul style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 1.4; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0cm 0px 0.5em; padding: 0px 2.5em; vertical-align: baseline;" type="disc">
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><i style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Market oriented</i> berorientasi pada keinginan Konsumen<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span></li>
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span></li>
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen</span></li>
</ul>
<div style="background-color: white; border: 0px; color: #333333; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<div class="MsoNormalCxSpFirst" style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Konsep Manajemen </span><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.</span></div>
<div class="MsoNormalCxSpFirst" style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><br /></span></div>
<div class="MsoNormalCxSpFirst" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<span style="border: 0px; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><div style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<h3 style="border: 0px; font-size: 20.8px; line-height: normal; margin: 0px 0px 0.6em; padding: 0px; position: relative; vertical-align: baseline;">
<b style="border: 0px; font-size: 20.8px; line-height: 24.96px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 13.5pt; line-height: 20.7px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran </span></b></h3>
</div>
<ol start="1" style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0cm 0em 0.5em 3em; padding: 0px; vertical-align: baseline;" type="1">
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><b style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Produk</span></b><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"> (barang, jasa, ide); Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span></li>
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><b style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Nilai</span></b><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">; Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span></li>
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><b style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Biaya</span></b><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">; Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span></li>
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><b style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Kepuasan</span></b><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">; Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (<i style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">customer satisfaction</i>): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (<i style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">perceived performance</i>) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak<o:p style="margin: 0px; padding: 0px;"></o:p></span></li>
<li class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; line-height: 15.6px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; text-align: left; vertical-align: baseline;"><b style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Pasar</span></b><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">; Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.</span></li>
</ol>
<h3 style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 20.8px; line-height: 24.96px; margin: 0px 0px 0.6em; padding: 0px; position: relative; vertical-align: baseline;">
<b style="border: 0px; font-size: 20.8px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 14pt; line-height: 22.4px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><br style="margin: 0px; padding: 0px;" /></span></b></h3>
<h3 style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 20.8px; line-height: 24.96px; margin: 0px 0px 0.6em; padding: 0px; position: relative; vertical-align: baseline;">
<b style="border: 0px; font-size: 20.8px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 14pt; line-height: 22.4px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Perencanaan Strategi Pemasaran</span></b></h3>
<div class="MsoNormalCxSpMiddle" style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<div style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Strategi Pemasaran (<i style="border: 0px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Marketing Strategy</i>) adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:</span></div>
<ol style="border: 0px; font-family: Roboto, Arial, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 15.6px; list-style-image: initial; list-style-position: outside; margin: 0.5em 0em 0.5em 3em; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 19.2px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Target Market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.</span></li>
<li style="border: 0px; margin: 0px 0px 0.25em; padding: 0px; vertical-align: baseline;"><span style="border: 0px; font-family: "segoe ui", sans-serif; font-size: 12pt; line-height: 18.4px; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">Bauran Pemasaran (Marketing Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasar.</span></li>
</ol>
<div>
<span style="font-family: segoe ui, sans-serif;"><br /></span></div>
<div>
<span style="font-family: segoe ui, sans-serif;">Referensi :</span></div>
<div>
<a href="https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html">https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html</a></div>
</div>
</span></div>
</div>
Bagas Panduhttp://www.blogger.com/profile/12380445185029446796noreply@blogger.com0